9.2.9 Fasakh Nikah Karena Ketidak Sanggupan Memberi Nafkah dan Cacat Pada Pihak Lain

Fasakh Nikah karena ketidak sanggupan memberi nafkah dan cacat pada pihak lain.

1.   Kitab Fiqhus Sunnah juz II halaman 314 :

فسخ العقد نقضه , وحل الرابطة التي تربط بين الزوجين

       Faskhul ‘aqdi adalah membatalkan aqad, dan melepaskan tali ikatan perkawinan suami isteri.

2.   Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 91 :

فإن انقطع خبره ولا مال له حاضر جاز لها الفسخ

       Apabila telah terputus khabar tentang suami dan tidak ada harta benda yang ditinggalkan untuk isteri, boleh bagi si isteri untuk fasakh nikahnya.

4.   Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 94 :

ولا يجوز الفسخ إلا يشرط ملازمتها للمسكن وعدم سدور نشوزمنها

        Tidak boleh fasakh kecuali apabila si isteri tinggal di tempat dan tidak nusyuz.

5.   Kitab Al Iqna’ juz II halaman 133 :

يثبت للمرأة فسخ نكاحها منه …… بالجنون

       Dapat ditetapkan gugatan fasakh/perceraian seorang isteri dari suaminya ......dengan alasan gila (sakit ingatan).

6.   Kitab I’anatut thalibin juz III halaman 33 :

فلكل من الزوجين الخيار فورا في فسخ النكاح بما وجد من العيوب المذكور في الأخر بشرط أن يكون بحضور الحاكم

        Bagi masing-masing suami isteri boleh memilih dengan seketika untuk memfasakh pernikahannya dengan sebab terdapatnya cacat pada pihak lain, dengan syarat di muka hakim. 

7.    Kitab I’anatut thalibin juz III halaman 336 :

وتقبل دعوه الجهل بأصل ثبوت الخيار أو بفوريته

       Dan diterima pengakuan si isteri bahwa dia tidak tahu tentang hal-hal yang menjadi pokok mengenai khiyar atau tidak tahu tentang keharusan segera melaporkan kejadian penyakit gilanya suami.

8.   Kitab Al Muhadzab juz II halaman 48 :

وإن وجدت المرأة زوجها مجنونا أو مجذوما أو عنينا ثبتت لها الخيار

      Jika seorang isteri mendapati suaminya sakit gila/ ingatan, lepra atau impotent/ lemah syahwat, isteri boleh memilih untuk memfasakh nikahnya atau meneruskannya.

9.   Kitab Subulussalam juz III halaman 134 :

عن ابن عباس أن جارية بكرا أتت النبي ص م أن أباهاوجهاوهي كارهة فتخيرها رسولالله ص م

      Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas ra., bahwasanya seorang budak wanita/ gadis menghadap kepada Nabi saw., ia menerangkan bahwa ia telah dinikahkan oleh ayahnya, tetapi ia tidak senang, maka Nabi saw. menjawab, ia boleh memilih meneruskan atau tidak meneruskan perkawinan tersebut.

10.  Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 92 :

ولو عجزة المرأة عن بينة الإعسار جاز لها الإستقلال بالفسخ

        Apabila isteri tidak dapat mengajukan bukti saksi tentang i’sar/ kemiskinan suami, isteri boleh memfasakh dirinya sendiri.

11.  Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 92 :

إذا تعذر القاضي أوتعذر الإثبات عنده لفقد الشهود أو غيبتهم فلها أن تشهد بالفسخ وتفسخ بنفسها

         Jika hakim kesulitan untuk menetapkan i’sar/ kemiskinannya suami karena tidak adanya saksi/ saksi ghaib maka isteri boleh memfasakh dirinya sendiri.

12.  Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 239 :

لا تستحق الزوجة المؤن ويباح لها الفسخ بالإعسار إلا إذا كم تخرج عن طاعةالزوج

        Isteri tidak berhak mendapatkan nafkah dan tidak boleh menggugat fasakh ketika suami dalam kesukaran, kecuali apabila ia tidak keluar (tetap) taat kepada suami.

13.  Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 243 :

لو تعذر تحصيل النفقة من الزوج فى ثلاثة أيام جاز لها الفسخ حضر الزوج أم غاب

        Apabila suami berhalangan (tidak sanggup) memberikan nafkah dalam tiga hari, maka si isteri berhak memfasakh, baik suami tersebut hadir atau ghaib.

14.  Kitab Al Fiqhu ‘ala madzahibil arba’ah Juz IV halaman 193 :

فإذ جن أحد الزوجين كان للأخر الحق في طلب فسخ النكاح

        Apabila salah satu dari suami isteri berubah gila, maka fihak lain berhak mengajukan gugatan cerai fasakh.

15.  Kitab Al Fiqhu ‘ala madzahibil arba’ah Juz IV halaman 193 :

ولا فرق أيضا بين أن يكون جنونا مطبقا أو متقطعا

         Dan tidak ada perbedaan keadaannya baik penyakit gila itu tetap atau temporer.

16.  Kitab Al Fiqhu ‘ala madzahibil arba’ah Juz IV halaman 193 :

…… والمراد بالجنون نا يشمل فقد الشعور القلبي

         .......  yang dimaksud dengan gila ialah hilangnya perasaan atau pikiran.

17.  Kitab al Muwaththa’ Imam Malik, juz III, halaman 145 :

أيمارجل تزوج إمرأة وبه جنون أو ضررفلها تخيرفإن شاءت قرت وإن شاءت فارقت

        Bagi seorang isteri yang suaminya menderita sakit gila atau cacad, diberi hak memilih untuk tetap sebagai isterinya atau bercerai.

18.  Kitab Syarqawi ‘alat Tahrir Juz II halaman 252 :

العيوب المثبتة للخيار في فسخ النكاح سبعة جنون ولو منقطعا

         Adapun ‘aib-’aib yang membolehkan fasakh nikah ada tujuh macam, diantaranya penyakit gila meskipun temporer.

19.  Kitab Fiqhus sunnah juz II halaman 389 :

إذا ارتد الزوج أو الزوجة إنقطعت علاقة كل منهما بالأخر لأن ردة أي واحد منهما موجبة للفرقة بينهما وهذه الفرقة تعتبر فسخا

          Apabila seorang suami atau isteri murtad, maka putuslah hubungan perkawinan mereka satu sama lain. Karena sesungguhnya riddah salah seorang diantara mereka itu menjadikan putusnya hubungan perkawinan mereka. Dan putusnya hubungan perkawinan itu berupa fasakh.