9.1.10 Bukti Sumpah

Bukti Sumpah.

1.  Al Qur’an Surat Ali ‘Imran ayat 76 dan 77 :

بلى من أوفى بعهده واتقى فإن الله يحب المتقين. إن الذين يشترون بعهد الله وأيمانهم ثمنا قليلا أولئك لاخلاق لهم في الأخرة ولا يكلمهم الله ولا ينظر إليهم يوم القيامة ولا يزكيهم ولهم عذاب أليم

   Sebenarnya barang siapa yang menepati janji (yang dibuatnya) dan bertaqwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa. Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji Allah dan sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapatkan bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih.

2.  Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 274 :

يمين الإستظهار ليست حجة مثبتة لحق المدعى ولا دافعة له وإنما هي شرط لحكم  الحاكم على نحو الغائب

     Sumpah istidzhar itu tidak menjadi dasar yang kuat untuk menetapkan hak penggugat dan tidak merupakan dasar melindunginya. Sumpah tersebut hanya sebagai syarat penetapan Hakim terhadap orang yang ghaib.

3.  Kitab I’anatut Thalibin juz IV halaman 247 :

والبينة حجة قوية لبعدها عن التهمة … واليمين حجة ضعيفة لقربها عن التهمة

     Kesaksian merupakan hujjah yang kuat karena jauh dari kebohongan, ..............sedangkan sumpah merupakan hujjah yang lemah karena dekat dengan kebohongan.