9.1.6 Tugas Hakim

Tugas Hakim.

 

1.   Al Qur’an Surat An Nisa’ ayat 58 :

إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلى أهلها وإذا حكمتم بين الناس أن تحكموا  بالعدل إن الله نعما يعظكم به إن الله كان سميعا بصيرا

      Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepada kamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

2.   Al Qur’an Surat An Nisa’ ayat 59 :

يأيها الذين أمنوا أطيعوا الله وأطيعوا الرسول وأولى الأمر منكم فإن تنازعتم في  يئ فردوه إلى الله والرسول إن كنتم تؤمنون بالله واليوم الأخرذلك خيروأحسن تأويلا

      Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah  Rasul (Nya) dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikannlah kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnah Nya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

3.   Kitab Al Muhadzdzab juz II halaman 319 :

ولا يجكم إلا بمطالبة المدعى

       Hakim tidak boleh memutus perkara kecuali berdasarkan kepada tuntutan penggugat.

4.   Kitab Al Bajuri juz II halaman 562 :

ولا يسأل وجوبا أى إذا جلس الخصمان بين يدي القاضى لا يسأل المدعى عليه إلا بعد كمال أى بعد فراغ المدعى من الدعوى الصحيجة

        Jika dua pihak yang bersengketa telah duduk di muka hakim, janganlah tergugat ditanya kecuali sesudah Penggugat selesai mengajukan gugatannya.

5.   Kitab Tarsihul Mustafidin halaman 415 :

فإن ولي الأمر إذا شرط على القاضى عدم الحكمفي أمر مخصوص أتبع

       Sesungguhnya Waliyul amri apabila mensyaratkan atas hakim tidak berwenang menghukumi suatu perkara tertentu harus ditaati.

6.   Ibnu Qoyyim Al Jauziah dalam Kitabnya At Turuqul Hukmiyah, halaman 4 dan 5 :

والحاكم اذالم يكن فقيه النفس فىالا مارات ودلائل الحال, ومعرفة شواهده وفىالقرائن الحالية والمقالية, كفقه فىجز ئيات وكليات الاحكام, اضاع حقوقا كثيرة على اصحابـها وحكم بما يعلم الناس بطلانه, ولا يشكون فيه, اعتمادا منه على نوع ظاهر, لم يلتفت الى باطنه وقرائن احواله.

      Seorang hakim apabila tidak memahami dengan mendalam akan hakekat (materiil) tentang tanda-tanda (dalam sangkaan hakim) dan dalil-dalil hal (dalil-dalil yang bukan hanya formalitas), dan mengetahui pula syawahidnya (mengkaitkan dengan peristiwa-peristiwa lain) dan qorinah-qorinah keadaan yang tersirat dan yang tersurat, seperti memahami betul hukum yang bersifat khusus dan bersifat umum, maka (hakim yang demikian) akan menyia-nyiakan (mengikuti yang salah, karena terlalu mudah percaya dengan formalitas) hak-hak orang banyak dengan mengalahkan pemilik hak tersebut, dan dia akan menghukum dengan sesuatu yang oleh orang banyak mengetahui bahwa hal itu adalah salah (batal) dan dia tidak ragu dalam putusannya itu, walaupun hanya berpedoman lahirnya (formalitasnya saja) tanpa mau tahu pada batinnya atau kebenaran materiilnya tanda-tanda yang tersirat; 

ولاتنس فىهذا الموضوع قول نبى الله سليمان صلىالله عليه وسلم للمرأتين اللتين ادعتا الولد فحكم به دود صلىالله عليه وسلم للكبيرى فقال سليمان ائتونى بالسكين شقه بينكما فسمحت الكبرى بذلك وقالت الصغرى لاتفعل يرحمك الله هوابنها فقضى به للصغرى

      (Wahai hakim) janganlah engkau lupa dalam kasus yang semacam ini, pada putusannya Nabi Sulaiman AS. dalam kasusnya dua perempuan yang sama-sama mengakui sebagai ibu dari seorang anak. Nabi Dawud AS. (ayahnya Nabi Sulaiman) memutuskan, bahwa (berdasarkan fakta lahir) anak itu untuk wanita yang tua, Maka (ketika hal itu mereka adukan ke Nabi Sulaiman AS.), maka Nabi Sulaiman meminta sebilah pedang untuk membelah anak itu menjadi dua agar bisa dibagikan kepada kamu berdua. Maka reaksi dari wanita yang tua sangat senang dan setuju dengan putusan itu, tetapi reaksi dari perempuan yang satu yaitu yang muda, mengatakan : Wahai Sulaiman (Yarhamuka Allah) jangan kau lakukan, anak itu memang anaknya dia (perempuan tua). Maka Nabi Sulaiman AS. pun lalu memberikan putusan anak itu adalah bagi perempuan yang muda.

7.   Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 315 :

لأ حكم الحاكم فى مسائل الخلاف يرفعه ويصير مجمعا عليه

       Keputusan Hakim (yurisprudensi) dapat menghapuskan masalah khilafiyah, sehingga masalah itu menjadi masalah yang disepakati.

TUGAS HAKIM

ثم وظيفة القاضى الحاكم ترتب الـمبنيات على اسبابـها

1. Tugas hakim yang memutuskan perkara ialah menetapkan hukumberdasarkan sebab akibat. (Al Muhadzab II : 92)

ولا يجوز أن يقضي ولا يولى ولا يسمع البينة ولا يكاتب قاضيا فى غير علم

2. Seorang hakim tidak boleh memutuskan perkara atau menjadi wali atau mencari bukti-bukti atau menguatkan kepada hakim lain diluar pengetahuannya. (Al Muhadzab II : 30)

فيجب على الحاكم كمال البحث فإذا غلب على قلبه صدقه اى الشاهد قبله ولو لم نقل بـهذا لتعطلت الحقوق

3. Maka wajib atas hakim menyelidiki dengan sempurna, jika berat di hatinya tentang kebenaran saksi maka harus diterimanya. Kalau tidak kita tetapkan seperti ini, tentu akan terbengkalai segala hak-hak orang yang berperkara. (Bughyatul Musytarsyidin : 283)

فإن حكم قبل إجابته عمدا بطل قضائه

4. Jika hakim memutuskan perkara sebelum menerima jawaban (dari tergugat) maka batallah keputusannya. (Syarah Umdatul Ahkam IV : 179)

إن حكم الحاكم فى مسائل الخلاف يرفعه ويصير مـجمعا عليه

5. Penetapan hakim dalam persoalan yang khilaf itu dapat menghilangkan khilafnya dan menjadi perkara yang disepakati. (Bughyah : 315)

ولا يحكم إلا بـمطالب المدعى

6. Hakim tidak boleh memutuskan perkara kecuali berdasarkan kepada tuntutan penggugat. (Al Muhadzab II : 319)

كلما يصح فى اطراد العادة فهو الـمحكم

7. Tiap-tiap sesuatu yang jelas berlaku adat kebiasaan, itulah yang menjadi sumber hukum. (Al Asybah wan Nadla’ir : 57)

ولأ نه مفرط فى حكمه غير معذور فيه فوجب نقضه

8. Apabila hakim melalaikan hukum perkara itu tanpa udzur, maka wajib keputusannya dibatalkan. (Al Muhadzab II : 314)

وإذا حكم باجتهاده ثـم بان خلاف نص الكــتاب أو السنة أو الإجماع أو قياس جلى نقضه هو وغيره

7. Apabila hakim memutuskan perkara dengan ijtihadnya kemudian berselisihan dengan nash dari Kitab, Sunnah, Ijma’, Qias Jaly, maka keputusannya harus dibatalkan sendiri oleh hakim yang lain.

فإن اتضح له الحق حكم به فإن لـم يتضح أخره إلى أن يتضح

8. Apabila telah jelas dia yang benar maka hakim menetapakan berdasarkan hal itu. Bila tidak, perkaranya ditunda sampai ada kejelasannya. (Al Muhadzab II : 304)

يـجب على الحاكم الوقوف على أحكام الشرعية

9. Hakim wajib berpegang pada ketentuan syara’. (Hamisy Bughyatul Musytarsyidin : 270)

ونقض القاضى وجوبا حكم لنفسه أو غيره إن كان ذلك الحكم بخلاف نص كـتاب أو سنة أو نص مقلده أو قياس جلى

10. Hakim harus membatalkan putusannya sendiri atau hakim lain bila ternyata putusan tersebut tidak selaras dengan nash al Qur’an atau Sunnah atau nash dari Imam yang diikuti atau Qiyas Jaly. (I’anah : 222-223)

الحــكم يتعــــلق على الظـواهر

11. Keputusan itu berpedoman kepada fakta-fakta yang nyata. (Kaidah Ushuliyah)

كل ما اتضح فيه اطراد العادة فهو الـمحكم, ومضمره كالمذكور صريحا, العادة مـحكمة

12. Tiap-tiap sesuatu yang jelas berlaku adat kebiasaan, itulah yang menjadi sumber hukum. Yang tersembunyi seperti yang jelas adanya (pendapat Jalaluddin Abdurrahman), Adat itu adalah sumber hukum. (Al Asybah wa Nadla’ir : 101)

الرجوع إلى الحق أولى من التمادى فى الباطل

13. Kembali kepada yang benar lebih baik daripada terus menerus dalam kebathilan. (Al Muhadzab : 314)

فإن لم يكن فى كـتاب الله ولا فى سنة رسول الله فاقض بـما قضى به الصالحون

14. Apabila tidak ada ketentuan dalam Kitabullah dan Sunnah Rasul, maka putuskanlah berdasarkan putusan orang yang saleh. (Al Hadits)